Thursday, July 24, 2008

Harus mulai dari mana?

Buku - sekolah.
sekolah - buku.
Dua hal ini seperti pasangan yg tdk terpisahkan.

Hari ini aku baca er-be online..ada berita ttg guru2 di salah satu SD di Manna yg 'jualan' buku2 dari salah satu penerbit kepada murid2 di sekolah. catatan: murid2 T.i.d.a.k d.i.w.a.j.i.b.k.an beli.
Aku jadi ingat pengalaman sekolah dulu, kalo ada guru jualan buku, pasti dibilangin 'tdk wajib beli' atau 'boleh foto kopi'... Tapiiiii....kalo kita tdk beli atawa tdk fotokopi, dijamin bakal merasa 'terasing' pada saat ada pelajaran, dan kita tdk punya buku yg 'tdk wajib' itu. kenapa? karena materi yg disampaikan kebanyakan adalah dari buku yg 'tdk wajib' tsb. Padahal ada buku yg 'wajib/ utama/ pokok' yg biasanya sdh tersedia di sekolah...tp yg lebih sering dipakai atau yg lbh sering jadi acuan adalah buku yg 'tdk wajib dibeli' itu tadi...Kesan-nya kan mau tdk mau tetap harus beli deh ;p

Masalah buku itu hanya sekelumit saja. sentilan seujung kuku. banyak masalah lain mulai yg kecil remeh temeh sampe yg skala besar dan penting.
Semakin 'belajar' dan semakin 'ngerti' ttg keadaan di Indo kok semakin miris ya?
di sangat banyak bidang kok adaaaa aja fakta2 yg bikin istighfar...Hampir semua bidang di hampir semua tingkatan...
Harus mulai dari mana biar bisa jadi lebih baik?

Aku punya temen SMA yg setamat kuliah di jakarta balik ke Manna, jadi PNS. Aku nggak tau dia di kantor apa. tp waktu pernah ketemu dulu, dia sempat bilang...gimana Manna (dan Bengkulu) mau maju Dek? Orang2 yg kuliah dan pikirannya lbh terbuka seperti kamu2 sangat jarang yg mau balik dan membangun Bengkulu, Manna, Curup, Rejang...
Kalian lebih milih kerja dan hidup di jawa, di kota2 besar itu... Mana daerah kita bisa maju?

kayak 'ditampar' deh rasanya waktu itu... :(
Ada benernya juga. Tapiii...dulu aku sempet nyari kerja kok di bengkulu, cuma tdk mau melewati jalur koneksi, dan ternyata tdk masuk2.
idealis ceritanya..nyari sendiri,... tdk mau minta surat 'mesem' dari wak ini wak itu...akhirnya nggak dapet2 kerjaan. ujung2nya keluar daerah lagi.:( aku pikir memang blm rejeki sih di bengkulu. aku masih masukin lamaran2 juga pas dipanggil ke almamaterku di jogja, dan aku balik kerja di kampus.
...
Gimana mau ngubah kondisi di daerah biar lbh baik? mau masuk kerja di 'daerah' saja tdk diterima ;p Aku yakin, temen2 dari daerah yg akhirnya memilih untuk hidup dan kerja di luar daerah itu juga bukannya tdk mau ikut memajukan daerah. Kadang memang 'kesempatan'nya yg tdk ada di daerah, kadang jalan-nya yg tdk memungkinkan.

But, frankly speaking, i feel sorry when 'looking' at my country's condition... especially from here, where everything feels so well organized. I'm feeling sorry coz i don't know what to do and how to make it better. :(



11 comments:

Herman said...

Mau putra daerah balik ke Bkl?

Banyak kok yang mau. Bagi mereka yang menginginkan jadi PNS (sperti kebanyakan lulusan PT asal daerah kito ini), mereka harus berhadapan dengan sikap buruk birokrat daerah yang mau memeras siapapun yang balik ke daerah. Tetap ada satu dua yang berhasil jadi PNS tanpa "bayar". Yang lainnya lebih memilih pergi meninggalkan daerah karena merasa nilai mereka lebih bisa dijual di luar sana, ketimbang di tanah kelahiran yang emoh menerima pemudanya yang berkualitas "unggul".

Pilihan lain, ini mereka yang lebih berjiwa pengusaha, akan tetap balik ke Bkl untuk membuka usaha. Buktinya, Neng Dalil. bisa balik ke Bkl dengan membuka usaha penjualan tiket dan paket wisata lainnya. Bisa juga dengan membuka usaha bersama kawan-kawan lain yang balik ke Bkl.

Yang menyebalkan, pemerintah tidak memperhatikan putra-putranya yang menempuh pendidikan di luar daerah untuk balik ke Bkl. Banyak kok orang Bkl yang sukses di daerah lain. Tapi kalau balik ke daerah justru merasa tidak dibutuhkan (atau Pemerintah merasa tidak butuh). Kapan bisa berubah? Bisa, tapi pelan-pelan. Kita tidak perlu pesimis ttg itu.

Aku termasuk orang yang ingin balik ke Bengkulu. Nanti, entah kapan :)

Ade angkatan berapo? Sepertinyo 2000-an. Kalau sebelum itu, seharusnyo kito pernah ketemu. Kita hanya dipisahkan oleh satu fakultas kok. Dan aku termasuk penikmat Bonbin Fak. Sastra.

ade ferianty said...

Mokasih dah mampir di blog-ku.

Iyo...bukannyo idak ndak balik dan membangun Bengkulu. Cuma ---at least sampai saat ini--- aku meraso blm punyo jalan kesitu, blm ado modal. Cita2 sih ado, ndak balik kampung, mbuat tempat kursusan bahasa inggris yg baik (amiiin). Kalo jadi PNS pecak-nyo idak ;p aku idak cocok dg birokrasi. Di UGM ajo aku lebih milih jadi pegawai fakultas daripado didaftarkan CPNS.biar kapan2 ado modal, pacak lepas mbuat usaha sendiri.

Aku angkatan 1997 Man. Dan kalo tdk salah ingat, cak-nyo memang pernah ketemu (pernah anak2 bengkulu ngumpul di lembah pas aku awal kuliah, tp sekali tulah...dak ado ngumpul2 lagi...sampai pas nyari sumbangan gempo dulu itu).

Di fakultas mano dulu Man?

Herman said...

Ha ha ha.

Nampaknyo kito memang pernah betemu kalu cak itu.

Seangkatan denganmu, di FISIPOL. Mungkin kau jarang nongol di Swakarya (base camp kumpulan mahasiswa muslim Bkl di Yk). Tanyo kek tobo tu, Insya Allah banyak yang tahu aku ;)

Sanak Gale said...

Sedih memang kalu nginak keadaan daerah kite sekarang.. apalagi di daerah aku...Untuk jadi PNS mesti ngeluarin uang paling tidak 50 juta untuk tamatan SMA...Untuk S1 dengar-dengar harus ngerogoh kocek 100 jeti,,:(
Padahal kalau dihitung-hitung dengan gaji yang didapat berapa tahun bisa balik modal, belum lagi kalau uang untuk sogokan itu pinjam dari bank. Tapi itulah gambaran birokrat daerah kita sekarang, aji mumpung bagi mereka dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Apa yang bisa kita perbuat? awareness, seminar terbuka untuk mencari pemimpin yang baik?
Gak tau lah saya sendiri belum melihat efektifnya cara-cara ini.

ade ferianty said...

50-100jt? Belum pernah punya uang segitu :( dan kalo punya mending buat modal usaha daripada 'nyogok' untuk jd PNS ^___^

Kalo dipikir2 mungkin masalah 'modal awal' ini juga jadi salah satu penyebab tingkat korupsi yg tinggi di tempat kita ya, soalnya kalo mengandalkan gaji PNS sj kapan 'balik modal'-nya? ;p

btw, salam kenal Andesper...kok link blog-nya tdk bisa diakses ya?

ade ferianty said...

herman said: "Ha ha ha. Nampaknyo kito memang pernah betemu kalu cak itu.

Seangkatan denganmu, di FISIPOL. Mungkin kau jarang nongol di Swakarya (base camp kumpulan mahasiswa muslim Bkl di Yk). Tanyo kek tobo tu, Insya Allah banyak yang tahu aku ;)"

^___^ malah baru tau kalo ado kumpul2 di Swakarya. Fisipol, mungkin kenal dengan Tanto? aku dulu sempat kawan dekat dg Novi (mantan istrinyo).

Anonymous said...

Salam kenal,

Gak ada linknya ya? Mudah-mudahan sudah ada linknya...

dudipalba said...

carenye ade amu ndak mbrantas penjahat gile di badah kite ni, putra putri ye seide ni besatu, terus buat tindakan kongkrit misalnye lewat LSM dengan catatan LSM nye harus ye betul betul. karne banyak LSM ni anye cakae uang rokok sebatang due dide kina ka ndekak amu lukitu. cakai kasus kasus ye punye bukti laporka ke KPK misale. Untuk mbakini tu KPK lah ye paling lumayan untuk badah melapor. Aseku amu la di gunjang ganjing hukum ade pelajaeghan buat para penjahat tu, ye lainye jadi jere. Jadi jangan di ajung penjahat tu melenggang naik mobil mewah hasil suap jeme pisak tu, atau hasil tindak korupsi. yak kadang kadang ye nyuap tu njual sawah, kebau, kebun, awak titu sumber penghasilan keluarge. yak mpuk ade ye njadi PNS amu ye lain menderita ya same saje. jadi maksud aku saling tolonglah putra putri daerah kite ni lukmane mbuat daerah kite perlahan ninggalka budaya suaptu, bukan nye tambah hari malah tambah parah. jadi putra putri daerah ye ade di daerah atau ye di luar daerah mari kite buat daerah kite nyaman setidaknye buat anak cucung kite kele.

ade ferianty said...

andesper70 : makasih... 'blog jeme padang guci'-nya sdh ku-link ^___^

ade ferianty said...

dudipalba: setuju ngen ide dudipalba. anye blm tau luk mane care-nye...yg konkrit...
Mudah2an lewat blog2 bengkulu ini kele ade yg pck jadi -salah satu- jalan batan mbantu pembangunan daerah kite, walaupun mungkin sebatas ide dan idealisme.

Pemilik Blog said...

numpang nimbrung..
ha22 mbhas bengkulu kayanya..
yah..bgitulah kenyataannya...makin hari-makin jauh dari harapan,bengkulu susah...serba terbatas..apalagi klo birokrat masih cak itulah...ketinggalan jauh nian...!!
bengkulu mungkin mantap cuma untuk tempat santai...dan nikmatai pensiun...ha222,,..
kabur......