Thursday, July 10, 2008

...orang yg tdk jelas...



Ade tuh orang mana sih sebenernya?
pertanyaan ini -terutama di clayton sini- sering aku terima. Well, aku orang bengkulu, tun cuup atawa tun jang, jemau manna jugau, belongs to jogja as well, dan tdk ketinggalan ikut bugis-makassarnya botto'.
Born in curup, tapi cuma ingat talang benih dan pasar de, sungai2 itu, kebun sayur, dinginnya curup, rujak mie hehehe..;p
Ada orang yg aku kenal di curup? mungkin nggak ada. Tau nama2 jalan dan tempat2 di curup? selain pasar de dan talang benih -yg cuma aku inget namanya- i'll be lost in curup :( seingatku, aku lahir di curup, tp trus lebih sering tinggal sama nenek dan datuk di rejang. tapi aku tetap merasa -dan ngaku- orang curup dan orang rejang juga (2 nenek dan 1 datuk asli rejang. datuk satu lagi dari padang guci).

Masuk SD, ikut ortuku pindah ke seginim
di palak padang(hampir 2 tahun mungkin) , trus pindah ke manna...sampai selesai SMA. sebelum aku lulus sma, keluargaku pindah ke bengkulu kota, aku tinggal di manna -anak kost ;p- karena malas pindah sekolah. pulang ke bengkulu kalo pas libur sekolah aja. jadi aku nggak tau banyak juga ttg bengkulu kota (kalo pulang aja bingung ngapalin jurusan2nya taksi2 itu ;p) taunya hanya dari rumah ke rumah keluarga dan sanak, ke pantai, atau ke pasar ;p Aku lebih tau manna daripada bengkulu kota, jd aku jemau manna (walopun gak ada immediate family-ku yg tinggal di manna, jut relatives and friends). sekaligus, aku termasuk orang bengkulu juga, my family is there...till now :)
lulus SMA, ke jogja...5 tahun, lulus. kerja ke Makassar (jauh amat ya :) ketemu botto' ^___^
lama-lama 'jadi' orang bugis juga dan merasa linked to bugis and makassar in a way.
2 tahun di makassar, balik ke jogja lagi. berhubung kuliah dan kerja di jogja, merasa jadi orang jogja juga, i speak javanese quite fluently ;p

sekarang numpang tinggal di clayton, sekolah lagi. tdk merasa jadi orang sini of course. cuma ya itu tadi, disini kan orang2 indo kalo ngumpul sering tanya2 'indonya dari mana?'
Dan aku mesti nyebutin bengkulu, jogja, makassar juga... kadang jadi panjang...
Pas acara barbeque-nya MIIS beberapa bulan kemarin misalnya, aku ketemu temen yg orang jogja, ngobrol dalam bahasa jawa. trus gabung sama temen2 yg dari makassar, ikut ngobrol dg bahasa bugis makassar. habis itu ketemu temen yg orang palembang/ pagaralam, ngobrollah dengan bahasa bengkulu campur palembang... tiba2 ada yg nyeletuk: mbak ade tuh ternyata orang yg identitas-nya tdk jelas ..masuk di semua-mua grup...

:( hiks...

aku orang indonesia (walo kadang miris dg keadaan indonesia tercinta), aku orang baek2 (kalo lagi baek ;p)...identitas kedaerahan-ku tdk jelas? i admit that. but i can't help it. di rumah aja, bak dan mak kalo ngomong antara mereka ber2 pake bahasa rejang, aku dan sodaraku kalo njawabin pake bahasa bengkulu. kalo aku ngobrol dg kakak-ku kita stuck pake bahasa manna, sementara dg adik-ku pake bahasa bengkulu. Kalo pulang ke rejang, aku pake bahasa rejang, walopun kadang kepeleset dan diketawain sodara2 disana... :)

yg jelas ya itu td, aku orang indonesia, dan orang baek2...i guess...^___^






2 comments:

Unknown said...

dear ade, sama kita juga pernah sama sama di rantau. harapanku blogku ini http://rejang-lebong.blogspot.com akan cukup membantumu dengan baik mempelajari tanah leluhurmu, tanah rejang, tanah kelahiranku, tanah kelahiranmu, yang sangat minim di ketahui publik. Met meranatau, jangan lupah tanah tumah darah. salam dari jakarta

Unknown said...

Ade, di Palak Padang sekitar taun beghapau ?, terus di Manna SMA Manau ?, aku jemau Seginim... mbak asau kenal ngan kaba, kaba anak sapau ?